Sejarah

STT POMOSDA didirikan pada tanggal 25 Desember 1999, berteapatan dengan 17 Ramadhan 1401 H, yang merupakan inisiatif pendiri Jamaah Lil-Muqorrobin melalui lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren. Terwujudnya pendidikan tinggi di lingkungan pondok pesantren adalah sebagai instrumen pelengkap pencapaian visi dan misi pendidikan dan dakwah Islam, yang sudah terbangun sejak berabad-abad silam, semata-mata untuk menjaga dan memelihara kemurnian nilai-nilai dalam ajaran Islam. Sebagai lembaga pendidikan formal STT POMOSDA memiliki Badan Hukum Penyelenggara dalam bentuk Yayasan, yaitu YAYASAN LIL-MUQORROBIN yang sekaligus menjadi payung hukum kegiatan syiar Islam Jamaah Lil-Muqorrobin. Menjadi tempat berkumpulnya anggota jamaah untuk mendalami ajaran Islam dan belajar melaksanakannya sesuai tuntunan Rasulullah Muhammad SAWW.

Nama POMOSDA mulai digunakan sejak tahun 1995 silam, diawali dengan Madrasah Aliyah POMOSDA yang kemudian berubah bentuk menjadi SMA POMOSDA, beberapa tahun kemudian didirikan Perguruan Tinggi dengan nama STT POMOSDA, POMOSDA merupakan singkatan dari PONDOK MODERN SUMBER DAYA AT-TAQWA. POMOSDA saat ini telah memiliki dan mengelola lembaga pendidikan yang terdiri dari SMP POMOSDA Tanjunganom Nganjuk, SMA POMOSDA Tanjunganom Nganjuk dan STT POMOSDA Nganjuk di Tanjunganom. Selain itu juga memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) dengan nama BLK POMOSDA.

Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor:072/D/O/2001 STT POMOSDA diberi Izin Pendirian Perguruan Tinggi dengan Nama SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI POMOSDA, serta izin pembukaan 2 program studi sarjana, yaitu Teknik Industri(S1) dan Teknik Informatika(S1).

Pada Tahun 2013 kedua program studi telah terakreditasi oleh BAN-PT.
Program S-1, Jurusan Teknik Industri mendapatkan peringkat C, Surat Keputusan BAN-PT tanggal 14 Februari 2013, Nomor : 051/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013, dan masa berlakunya sampai 2018.
Program S-1, Jurusan Teknik Informatika mendapatkan peringkat C, Surat Keputusan BAN-PT tanggal 20 Juli 2013, Nomor : 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013.

Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan STT POMOSDA menerapkan sistem gabungan antara model pendidikan pondok pesantren dengan model pendidikan tinggi umumnya. Keunikan STT POMOSDA adalah Kampus Pondok Pesantren yang menyatu dengan perumahan dosen dan karyawan serta asrama/pondok mahasiswa, juga terbuka dan menyatu dengan masyarakat sekitarnya. Sistem Pendidikan menitikberatkan pada pembinaan kepribadian, membangun pengembangan karakter mahasiswa dalam tradisi pendidikan pesantren yang sudah mengakar, dan telah terbukti tangguh menghadapi gejolak perubahan zaman. Kunci utamanya adalah kebersamaan (guyub-rukun) layaknya sebuah keluarga besar yang harmonis dalam suka dan duka, disertai dengan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungannya. Sasaran utamanya adalah menghasilkan generasi bangsa yang dapat menjadi kader dakwah, dapat menjadi teladan selama menjalani karir profesionalnya di lingkungan kerja, dimanapun berada.

STT POMOSDA menyelenggarakan program pendidikan yang terdiri dari dua Jurusan Rumpun Ilmu Teknik yaitu :
1. Jurusan Teknik Industri, Program Studi Sarjana Teknik Industri, Terakreditasi C BAN-PT, 14 Feb 2013.
2. Jurusan Teknik Informatika, Program Studi Sarjana Teknik Informatika, Terakreditasi C BAN-PT,20 Jul 2013.

Program pendidikan sarjana (S1), dapat ditempuh paling cepat dalam kurun waktu 4(empat) tahun, dengan jumlah SKS minimal 144. Untuk dapat menyelesaikan program sarjana, mahasiswa wajib melaksanakan Kerja Praktek (KP) pada instansi pemerintah/swasta, serta menyusun laporan kegiatan KP yang disahkan oleh pejabat dari instansi dimaksud. Selajutnya mahasiswa diwajibkan melaksanakan seminar tugas akhir (skripsi) yang terbuka untuk seluruh civitas akademik yang digunakan menguji kelayakan dan orisinalitas skripsi. Terakhir adalah sidang sarjana, yaitu ujian komprehensif untuk menilai kelayakan menyandang amanah sebagai seorang sarjana. Seminar tugas akhir dan Sidang sarjana, diselenggarakan dengan melibatkan dosen penguji dari perguruan tinggi sejawat, dalam rangka menjamin obyektifitas penilaian serta kualitas lulusan.

Visi

Mewujudkan STT POMOSDA sebagai salah satu pusat perkembangan pendidikan tinggi IPTEK yang handal dan bermartabat berlandaskan Iman dan Taqwa.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi teknik sebagai upaya menyatukan program pendidikan dan dakwah untuk menghasilkan insan dengan kapasitas intelektual dan moral yang tinggi serta berimbang untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa.

2. Menjamin keselarasan program penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pengembangan ilmu dan teknologi yang mampu mendukung percepatan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan.

3. Mengembangkan kemitraan yang berkesinambungan sebagai upaya peningkatan mutu organisasi dan tata kelola manajemen secara berkelanjutan dan sejalan dengan tuntutan perkembangan zaman.

Tujuan

Pendidikan, dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan lulusan yang,
a. memiliki integritas kepribadian yang selaras sebagai umat beragama dan warga negara yang berbudaya,
b. memiliki kemampuan akademik dan profesional yang handal,
c. kreatif dan inovatif serta berjiwa wirausaha,
d. peduli dan memihak kepada kepentingan masyarakat luas,
e. memiliki kemampuan adaptasi terhadap budaya dan lingkungan sosial, serta mampu menerapkan lifelong Learning.

Penelitian dan pengabdian masyarakat, dilaksanakan dengan tujuan,
a. mengembangkan IPTEK secara berkelanjutan, kreatif dan inovatif demi kepentingan pemberdayaan masyarakat untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa,
b. menghasilkan karya penelitian IPTEK yang mampu dimanfaatkan langsung oleh masyarakat luas, melalui penelitian yang berorientasi pada teknologi tepat guna.