- BLOG DOSEN

Judul : Pendidikan yang mampu menjawab tantangan masa kini, POMOSDA!!!

pomosda

Author : Sukarni.,ST.,MM | Posting - 23 Jun 2020


Kemana Mahasiswa Setelah LULUS ????!!!

Tidak dipungkiri perguruan tinggi saat ini dihadapkan pada beberapa tantangan. tantangan tersebut paling tidak dapat dibedakan menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berkaitan dengan kemapanan perguruan tinggi, kualitas dosen, kualitas mahasiswa, sarana prasarana, fasilitas, kurikulum dan kualitas alumni/lulusan. Sedangkan faktor eksternal berkaitan dengan kemajuan teknologi digital, munculnya generasi instan, faktor lingkungan, fakfor regulasi dan pengguna alumni/lulusan. Disadari atau tidak perguruan tinggi harus mampu beradaptasi dalam setiap perubahan yang akan terjadi dan mampu menerapkan model pembelajaran yang mampu menjawab tantangan-tantangan tersebut. membludaknya lulusan perguruan tinggi setiap tahun merupakan prioritas yang harus dipikirkan oleh perguruan tinggi, mau kemana mereka setelah lulus?? bekerja atau membangun usaha sendiri atau mau apaaaaa???? apakah ingin menjadi PNS atau bekerja pada perusahaan-perusahaan milik pemerintah??!! bukankah peluang itu semakin lama semakin kecil bahkan mendekati 0 (Nol). apa yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi berkaitan dengan lulusannya?? sangat ironi pada saat mahasiswa lulus kemudian mereka mengganggur/ tidak bekerja.

STT Pomosda sebagai salah satu perguruan tinggi diwilayah nganjuk jawa timur berupaya untuk berperan aktif dalam upaya mencari solusi berkaitan dengan lulusan dan alumninya. sebagai perguruan tinggi berbasis pesantren nilai-nilai agama menjadi modal pokok pembentukan karakter mahasiswa. Petunjuk, arahan dari Pimpinan POMOSDA Bapak Kiai Tanjung untuk kurikulum lokal supaya mengadakan program pemberdayaan, budidaya, kemandirian, dan marketing dalam lingkup perguruan tinggi. Program pemberdayaan diarahan bagi mahasiswa untuk membentuk karakter respon, respek, peduli dan tanggap serta mampu memberdayakan diri atas potensi yang sudah dianugerahkan Tuhan kepada-Nya. Pengalaman pembelajaran yang sudah diperoleh dibangku perkuliahan dikembangkan dalam bentuk praktek-praktek dibengkel-bengkel kerja yang sudah disediakan oleh pondok. 

Perlu diketahui bahwa STT Pomosda terdapat dua program studi yaitu Teknik Informatika (S-1) dan Teknik Industri (S-1). Untuk basis keilmuwan teknik informatika mahasiswa telah disiapkan wadah untuk pengembangan skill keahliannya melalui ICT POMOSDA yang membidangi Developer Sofware, Networking, Multimedia, dan Mobile Web serta keahlian dasar bidang maintenance dan Office Aplication. kemudian untuk basis keilmuwan teknik industri berkonsentrasi pada manufature dan teknologi yang juga telah diwadahi pengembangan skill keahlian di UPT. Makarti Pomosda, BKT dan OJ (Omah Japo). Makarti Pomosda merupakan lembaga yang didirikan oleh Bapak Kiai Tanjung yang salah satunya untuk membekali mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri dibidang Proses Produksi, Manufakture, Ergonomi, Manajemen Kualitas, serta Organisasi Manajemen Industri yang tujuannya  agar lulusan mampu lebih siap ketika sudah terjun di masyarakat. kemudian BKT merupakan kepanjangan dari Bina Kerabat Tani yang dapat dijadikan wadah untuk meningkatkan skill mahasiswa dalam bidang Industri Pertanian dan media pengabdian kepada masyarakat. setelah lulus dari perguruan tinggi mahasiswa sudah tidak kebingunan lagi untuk mencari pekerjaan bahkan untuk menjadi PNS yang peluangnya saat ini hampir mendekati 0%. Harapannya selepas belajar di POMOSDA Mahasiswa mampu membangun usaha sendiri sesuai dengan potensi bakat, minat dan bidang yang dikuasainya bahkan dapat melanjutkan usaha-usaha dibidang industri maupun informatika yang sudah diajarkan di POMOSDA. 

Jika dikorelasikan dengan kurikulum Kampus Merdeka sebagai hasil rumusan pemerintah dalam hal ini mendikbud sudah relevan, dimana tiga pilar colaburasi antara Perguruan Tinggi, Industri dan Pemerintah telah dapat dilaksanakan.


- ARTIKEL TERPOPULER

- Muhammad Pudhail - 02 Mar 2015
Disiplin-Ilmu-Teknik-dan-Penataan-Gelar-Akademik
Read...
- Wakid Anwar - 17 Jun 2020
Release-Tool-Artikel-v1-2
Read...
- Sukarni.,ST.,MM - 23 Jun 2020
Pendidikan-yang-mampu-menjawab-tantangan-masa-kini-POMOSDA-
Read...
- STT Pomosda - 21 Jun 2020
STT-POMOSDA-menerapkan-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19
Read...