Pengantar

Lembaga penelitian STT POMOSDA menyelenggarakan amanat tridarma perguruan tinggi bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi tertentu, saat ini telah memiliki sejumlah pusat-pusat penelitian sesuai dengan visi dan misi STT POMOSDA. Masing-masing pusat penelitian tersebut dipimpin oleh seorang Koordinator penelitian.

Setiap pusat-pusat penelitian dimaksud dapat membentuk sub-unit kerja minor dalam kajian yang lebih spesifik.

Pada dasarnya program penelitian dibagi secara bertahap menurut tingkatan yang terdiri dari :

1. Penelitian Dasar dan Pengembangan Ilmu,
2. Penelitian lintas disiplin, serta,
3. Penelitian Terapan.

Penelitian dasar dan pengembangan ilmu dilaksanakan oleh dosen di bawah tanggung jawab Ketua jurusan masing-masing, sedang penelitian terapan merupakan kegiatan utama pusat-pusat penelitian di bawah koordinasi Lembaga Penelitian.

Saat ini telah didirikan sejumlah pusat penelitian, yaitu :

1. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Industri. Menitikberatkan kegiatannya pada penelitian dan pengembangan yang terkait erat dengan Industri dan Teknologinya, berikut aspek terapan yang dihasilkannya. Puslitbang Teknologi Industri memiliki dua sub-unit, yaitu :
a. Penelitian dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna, serta,
b. Penelitian dan Pengembangan Industri Kecil.

2. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Informasi. Menitikberatkan kegiatannya pada penelitian dan pengembangan yang terkait erat dengan Informasi dan Teknologinya, berikut aspek terapan yang dihasilkannya. Puslitbang Teknologi Informasi memiliki beberapa sub-unit :
a. Pengembangan Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Perangkat Lunak, serta,
b. Penelitian dan Pengembangan Informatika Teoritik.


3. Pusat Penelitian dan Pengembangan Potensi Wilayah. Melaksanakan kegiatan yang terkait dengan pengembangan potensi sumberdaya setempat serta potensi daya dukung wilayah regionalnya.

4. Pusat Penelitian dan Pengembangan Manajemen Mutu. Melaksanakan kegiatan penelitian terkait dengan upaya peningkatan daya saing dan perluasan pasar Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Pengabdian Masyarakat

Pusat Pengabdian Masyarakat adalah suatu unit kerja di bawah Lembaga Penelitian, sebagai upaya memberdayakan masyarakat yang dimulai dari kegiatan penelitian yang bermanfaat langsung untuk masyarakat, sekaligus sebagai kewajiban institusi untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi bidang pengabdian masyarakat.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan adalah dalam bentuk jasa layanan kemasyarakatan yang bersifat sosial, khususnya pemberdayaan masyarakat pedesaan, melalui penyuluhan dan pelatihan serta bantuan teknis lainnya. Lembaga Penelitian senantiasa berupaya menjembatani hasil-hasil penelitian (khususnya teknologi tepat guna), sesuai ketersediaan sumber daya setempat, khususnya UKM.

Pusat Pengabdian Masyarakat memiliki sejumlah pusat-pusat pengabdian yang sesuai dengan visi dan misi LPPM STT POMOSDA, disamping itu, selalu memperhatikan perkembangan kebutuhan masyarakat sekitar. Saat ini Pusat Pengabdian Masyarakat telah memiliki dua Unit Kerja fungsional dalam bentuk pusat-pusat pengabdian, yaitu :

1. Pusat Pembinaan Usaha Kecil dan Menengah (PusBin UKM), berperan sebagai BDSP (Bussiness Development Services Provider) bagi UKM.
2. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kerja (Pusdiklat Tenaga Kerja).
Kedua unit kerja di atas telah menjalankan peran dan fungsinya selama kurun waktu 8 tahun terakhir, dan telah mengahsilkan kinerja yang cukup baik.

Hal tersebut dapat dilihat dari sejumlah kerjasama dengan industri dan pemerintah, baik di daerah maupun di tingkat propinsi dan pemerintahan pusat.