Pengantar

Teknik Informatika berkembang dari salah satu disiplin ilmu Computing. Jika diamati sejarah proses perkembangannya dapat diringkas dalam tiga era perkembangan.
1. Era Perkembangan Perangkat Keras (Hardware/Computer Engineering)
2. Era Perkembangan Perangkat Lunak (Software/Computer Science)
3. Era Perkembangan Sistem dan Teknologi Informasi.

Perkembangan perangkat keras (Hardware) dimulai dari munculnya produk elektronik yang dapat diprogram (elektronika kontrol), kemudian kemampuan aritmetik dan logik, sehingga dapat dijadikan mesin hitung, terakhir iPod multimedia dan portabel. Perangkat lunak mulai berkembang semenjak hardware bersifat mampu program, instruksi atau program yang sistematis dimasukkan pada mesin, sehingga perlu disusun suatu Library Machine Code yang standar agar mesin tersebut akan mampu mengenali lebih banyak lagi instruksi, yang dikenal dengan microcode decoder.


Sistem Informasi merupakan akibat logis dari perkembangan Hardware dan Software secara luas dengan dukungan perkembangan telekomunikasi yang telah melebarkan domain pengguna individual (user) menjadi sebuah komunitas baru, yaitu individu, organisasi bisnis, pemerintahan, dan masyarakat luas, hingga semakin kompleks.

Diperlukan suatu keahlian khusus dalam mengelola Hardware, Software dan User-Community, agar sasaran dan tujuan keterlibatan teknologi dalam organisasi dapat dicapai. Periode ini dinamakan Era Perkembangan Sistem Informasi, yang merupakan respon dan sikap aktif user bisnis terhadap perkembangan teknologi komputer.

Sistem informasi menjembatani kebutuhan aktifitas penyelesaian masalah organisasi manajemen dan bisnis dengan computing technology , hingga menjadi ujung tombak produk teknologi informasi yang dapat berhubungan langsung dengan pemakai.

Model integrasi teknologi perangkat keras, perangkat lunak, sistem informasi dan telekomunikasi, kemudian dikenal sebagai Teknologi Informasi.

Di Indonesia, tenaga ahli komputer selama ini dihasilkan dari lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan program studi berikut ini :
1. Teknik Informatika;
2. Ilmu Komputer (Computer Science);
3. Teknik Sistem Komputer (Computer Engineering);
4 Sistem Informasi (Information System ), dulu Manajemen Informatika.

Program pendidikan komputer dibeberapa negara maju, khususnya di AS, sebagian besar menempatkan Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Sistem Komputer sebagai satu kesatuan program pada Departemen of Electrical Engineering and Computer Science atau Departement of Electrical and Computer Engineering.

Saat ini disiplin ilmu komputer telah berkembang semkin meluas menjadi 5 disiplin ilmu (IEEE-ACM Computing Curricula 2005, The Overview Report), yaitu :
1. Computer Science,
2. Computer Engineering,
3. Information System,
4. Software Engineering dan
5. Information Technology.

Domain ilmu computing yang dikaji pada masing-masing disiplin tersebut di atas memiliki kecenderungan arah yang berbeda, namun muatan terbesarnya tetap sama. Penamaan disiplin ilmu Teknik Informatika sendiri, bermula dari Eropa daratan, dipelopori oleh Perancis, Belanda dan Jerman.

Teknik Informatika memiliki lebih banyak kesamaan dengan Computer Science (bahkan dianggap memang sama) dibanding disiplin computing lainnya, namun demikian, para penggagasnya menyatakan bahwa Teknik Informatika meliputi hampir semua aspek penting dari kelima disiplin di atas.


Definisi yang dikenal luas tentang Teknik Informatika adalah ilmu yang berkaitan dengan keahlian merencanakan, menganalisa dan merancang, menguji dan menginstalasi suatu produk sistem pengolahan informasi berbantuan komputer yang terintegrasi. Pada tingkat tertentu proses tersebut akan menghasilkan tools sistem yang memiliki pola kerumitan yang hampir menyamai cara berpikir manusia dalam menyelesaikan masalah.

Intinya adalah mentransformasikan cara manusia penyelesaian masalah hingga dapat dilakukan juga oleh komputer (transformasi model logika dan sistematika). Harapan akhirnya, bagaimana membangun suatu fungsi sistem mesin, dengan hanya satu aksi (tombol) segala kebutuhan akan hadir sejelas-jelasnya di hadapan kita.

Visi

Mewujudkan Jurusan Teknik Informatika STT POMOSDA sebagai salah satu pusat pengembangan Teknik Informatika yang berkualitas, handal dan bermartabat, bersama dengan seluruh unsur komunitas akademis di bumi pertiwi dapat menghantarkan masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang adil, makmur, merdeka sejati lahir dan bathin.

Misi

1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengamalkan ilmu yang berorientasi kepada kemaslahatan umat manusia, sebagai pengabdi ilmu pengetahuan yang dilandasi ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menghasilkan lulusan yang menguasai profesi yang terkait dengan rancang-bangun sistem informasi dan perangkat lunak serta pengembangannya, serta memiliki penguasaan generik sains dasar yang kokoh untuk bidang Teknik Informatika, sehingga mampu merespon setiap perkembangan iptek.
3. Melaksanakan program pendidikan yang terintegrasi dan berkelanjutan, menjalin kerja sama penelitian dan pengabdian dengan institusi pengguna lulusan beserta segenap masyarakat luas yang berkepentingan untuk kemaslahatan bersama.

Sasaran Program Pendidikan

Untuk mewujudkan visi misi jurusan, telah ditetapkan beberapa sasaran utama program pendiikan yang harus dicapai, sebagai berikut :

1. Menghasilkan lulusan yang siap untuk memenuhi standar kompetensi profesi "Engineer" untuk disiplin ilmu Teknik Informatika.
2.Menghasilkan penelitian dan pengembangan ilmu yang dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan Iptek, melalui pengembangan SDM berkelanjutan serta pengambangan fasilitas laboratorium.
3. Meningkatkan pelayanan program pengabdian masyarakat melalui pelatihan dan pemanfaatan teknologi yang ekonomis dan tepat guna.
4. Meningkatkan relevansi pendidikan dengan tuntutan kebutuhan stake-holders baik internal, maupun eksternal, melalui pengembangan kurikulum serta kualitas materi dan proses pembelajaran secara berkelanjutan.
5. Mendukung terwujudnya STT-POMOSDA sebagai salah satu perguruan tinggi teknik yang berkualitas handal dan bernartabat.

Kompetensi Lulusan

A. Ketrampilan Teknis (Technical Skills)
Pengetahuan (Knowledge and Understanding)
[1] Mengerti dan memahami matematika, dasar sains dan teknologi
[2] Mengerti dan memahami konsep dasar teknik informatika untuk menganalisis, merancang, merekayasa serta mengembangkan algoritma yang efisien untuk mengolah informasi
[3] Mengerti dan memahami konsep dasar teknik perancangan sistem komputer (Hardware dan Software), serta pengoperasiannya baik sebagai unit terpisah maupun dalam sistem jaringan,
Ketrampilan Intelektual (Intelctual Skills)
[4] Mampu menerapkan matematika, dasar sains dan komputasi untuk menyelesaikan masalah-masalah informatika dan teknologi informasi,
[5] Mampu menerapkan teknik pengembangan algoritma yang efisien untuk mengolah informasi,
[6] Mampu menerapkan metode identifikasi, formulasi, dan penyelesaian persoalan keteknikan bidang informatika dan teknologi informasi,
[7] Mampu menerapkan metode perancangan dan pelaksanaan eksperimen serta mampu menganalisis dan menginterpretasikan data,
Ketrampilan Praktis (Practical Skills)
[8] Menguasai dan mampu menerapkan teknik analisis dan disain sistem, yaitu sistem perangkat lunak komputer dan teknologi informasi,
[9] Menguasai dan mampu menganalisis penerapan metode matematis, dasar sains dan teknologi untuk mengembangkan informatika, teknologi informasi dan komunikasi data,
B. Ketrampilan Profesional (Profesional Skills)
[10] Mengerti dan tanggap terhadap isu-isu keteknikan kontemporer,
[11] Memiliki teknik dan keahlian profesional untuk memanfaatkan teknologi ICT serta peralatan/tools modern lainnya yang diperlukan dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab profesionalnya,
[12] Mampu untuk mengembangkan diri serta mampu berfikir logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi secara profesional,
[13] Mampu untuk bekerja mandiri dan bekerja sebagai tim, serta cepat beradaptasi dalam bekerja sama dengan profesional dan ahli dari berbagai disiplin ilmu.
C. Ketrampilan Komunikasi (Communication Skills)
[14] Mampu berkomunikasi secara efektif,
[15] Mampu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial dan lingkungan kerja dari beragam etnik serta mampu beradaptasi dengan tradisi dan budaya setempat,
D. Ketrampilan Perilaku Hidup Bermasyarakat (Ethical/Societal Skills)
[16] Mampu menyadari, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari [17] Mampu menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,
[18] Mampu menjunjung tinggi norma, tata nilai, etika dan hukum dalam mengemban tugas dan tanggungjawab profesionalnya,
[19] Memiliki kepedulian dan tanggap terhadap dampak pengembangan Iptek dalam konteks masyarakat baik nasional, regional maupun internasional.

LABORATORIUM

Dalam rangka mencapai sasaran kompetensi di atas, Jurusan menyediakan sarana akademik berupa perpustakaan (termasuk eLibrary) dan Laboratorium. Saat ini, ada 4 (empat) Laboratorium yang melayani matakuliah, yaitu :

1. Laboratorium Informatika Teori (INTER)
2. Laboratorium Software Engineering dan Sistem Informasi (SESI)
3. Laboratorium Grafika Komputer dan Multimedia (GRAMEDIA)
4. Laboratorium Sistem Terdistribusi dan Basis Data (SISTER).