STT POMOSDA
  • Selasa, 16 Juli 2024
  • 16 Al Hasan 12 MHD
  • Berita
  • Giat DIKSAR KSR STT POMOSDA di PMI Nganjuk
Giat DIKSAR KSR STT POMOSDA di PMI Nganjuk
  • Post :STT POMOSDA
  • Jumat, 01 Desember 2023
  • 09:09

Giat DIKSAR KSR STT POMOSDA di PMI Nganjuk

Nganjuk, 27 November 2023 - Sebanyak 11 mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda (STT Pomosda) Nganjuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKSAR) Korps Sukarela Relawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nganjuk. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada Sabtu dan Minggu, 25-26 November 2023, di Aula STKIP PGRI Nganjuk.

Ketua PMI Kabupaten Nganjuk, Lishandoyo, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas mahasiswa  dalam bidang kepalangmerahan. "Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat menjadi relawan PMI yang profesional dan siap membantu masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

DIKSAR KSR PMI Kabupaten Nganjuk ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Kampus di kabupaten Nganjuk dan Kediri. Materi yang diberikan dalam DIKSAR meliputi materi dasar kepalangmerahan, seperti sejarah PMI, prinsip-prinsip dasar kepalangmerahan, dan pertolongan pertama. Selain itu, peserta juga diberikan materi tentang kesiapsiagaan bencana dan manajemen bencana.

Salah satu peserta DIKSAR, Hendrik Julianto, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya. "Saya mendapatkan banyak ilmu baru tentang kepalangmerahan," ujarnya. "Saya juga menjadi lebih siap untuk menjadi relawan PMI yang dapat membantu masyarakat."

Pada akhir kegiatan, peserta DIKSAR KSR PMI Kabupaten Nganjuk mendapatkan sertifikat sebagai tanda kelulusan. Mereka juga dilantik menjadi anggota KSR PMI Kabupaten Nganjuk.

Ketua PMI Kabupaten Nganjuk berharap agar para mahasiswa STT Pomosda yang telah mengikuti DIKSAR ini dapat aktif berperan dalam kegiatan PMI. "Kami siap menerima dan membina mereka untuk menjadi relawan PMI yang handal," ujarnya.