STT POMOSDA
  • Rabu, 22 Mei 2024
  • 22 Al Qoyyim 11 MHD
  • Berita
  • LLDIKTI 7 Gelar Bimtek PPKS di UNWAHA, Dorong Perguruan Tinggi Bentuk Satgas
LLDIKTI 7 Gelar Bimtek PPKS di UNWAHA, Dorong Perguruan Tinggi Bentuk Satgas
  • Post :STT POMOSDA
  • Rabu, 11 Oktober 2023
  • 12:12

LLDIKTI 7 Gelar Bimtek PPKS di UNWAHA, Dorong Perguruan Tinggi Bentuk Satgas

Jombang, 5 Oktober 2023 - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Perguruan Tinggi di Aula Universitas Wahab Chasbullah (UNWAHA) Jombang, Kamis (4/10/2023).
Bimtek ini bertujuan untuk mendorong perguruan tinggi membentuk Satgas PPKS dan meningkatkan pemahaman serta kapasitas perguruan tinggi dalam mencegah dan menangani kekerasan seksual di lingkungan kampus.
Acara dibuka oleh Ketua LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr. DyahSawitri, SE.,MM, serta Rektor UNWAHA, Prof. Dr. Ir.Gatot Ciptadi, DESS, IPU,ASEAN Eng.
Dalam sambutannya, Prof. Dyah Sawitri menyampaikan bahwa Bimtek Percepatan Pembentukan Satgas PPKS bagi Perguruan Tinggi telah ditentukan dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 30 Tahun 2021.
"Kami berharap semua perguruan tinggi segera membentuk Pansel dan Satgas PPKS," ujar Prof. Dyah sesuai permen yang berlaku.
Prof. Diyah juga menyampaikan bahwa kekerasan seksual merupakan masalah serius yang harus ditangani bersama-sama.
"Satgas PPKS memiliki peran penting dalam mencegah dan menangani kekerasan seksual di lingkungan kampus," ujar Prof. Dyah.
Pada kesempatan yang sama, materi inti Bimtek disampaikan oleh Bapak Indra dan Bapak Agung selaku Pokja Akademik dan Kemahasiswaan.
Dalam materinya, Bapak Indra menyampaikan bahwa setiap perguruan tinggi atau swasta diharapkan mengikuti progres pembentukan satgas PPKS yang terdata di kementrian. Setiap perguruan tinggi juga segera mengajukan akun portal PPKS.
"Selanjutnya segera membentuk Pansel dan satgas PPKS yang terdiri dari untuk dosen, tendik dan mahasiswa sejumlah 3-9 orang, Pansel yang lulus seleksi akan mengikuti pelatihan LMS," ujar Bapak Indra.
Setelah itu Pansel segera membentuk satgas PPKS dan membuat buku panduan satgas PPKS. Bagi satgas yang didaftarkan di portal PPKS akan mengikuti pelatihan melalui LMS. Selanjutnya membuat program kerja untuk pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus selama periode 2tahun.
Bimtek ini diikuti oleh perwakilan perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah kerja LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur.
Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kapasitas perguruan tinggi dalam mencegah dan menangani kekerasan seksual di lingkungan kampus.
Selain itu, Bimtek ini juga diharapkan dapat mendorong perguruan tinggi untuk segera membentuk Satgas PPKS.
Dengan adanya Satgas PPKS, diharapkan dapat menciptakan lingkungan kampus yang aman dan nyaman bagi seluruh mahasiswa, dosen, dan karyawan