STT POMOSDA
  • Selasa, 16 Juli 2024
  • 16 Al Hasan 12 MHD
  • Berita
  • STT POMOSDA menjadi Narasumber dalam Pelatihan Penyusunan Proposal Usaha UMKM Nganjuk
STT POMOSDA menjadi Narasumber dalam Pelatihan Penyusunan Proposal Usaha UMKM Nganjuk
  • Post :STT POMOSDA
  • Rabu, 29 November 2023
  • 09:09

STT POMOSDA menjadi Narasumber dalam Pelatihan Penyusunan Proposal Usaha UMKM Nganjuk

Nganjuk, 28 November 2023 - Dosen Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda (STT Pomosda) Nganjuk, Bapak Putut, MT, mengisi pelatihan penyusunan proposal usaha UMKM Nganjuk di Hotel Front One Nganjuk hari ini. Pelatihan ini diikuti oleh 70 UMKM dari berbagai daerah di Kabupaten Nganjuk.

Dalam pelatihan tersebut, Bapak Putut memberikan materi tentang cara menyusun proposal usaha yang baik dan benar. Beliau menjelaskan bahwa proposal usaha merupakan dokumen penting yang digunakan untuk mendapatkan bantuan dana atau pinjaman dari pemerintah, bank, atau investor. Oleh karena itu, proposal usaha harus disusun dengan cermat dan profesional.

Bapak Putut juga memberikan tips-tips dalam menyusun proposal usaha, antara lain:

Lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen.
Buatlah analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman usaha Anda.
Tentukan tujuan dan target usaha Anda.
Buatlah rencana bisnis yang komprehensif.
Tuliskan proposal usaha dengan bahasa yang jelas dan ringkas.
Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh Bapak Putut. Mereka mengaku mendapatkan banyak ilmu dan informasi yang bermanfaat dari pelatihan tersebut.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami," kata salah satu peserta pelatihan, Ibu Siti Aminah, pemilik UMKM kerajinan tangan. "Kami jadi tahu bagaimana cara menyusun proposal usaha yang baik dan benar."

Pelatihan penyusunan proposal usaha UMKM Nganjuk ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Nganjuk. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM dalam menyusun proposal usaha yang baik dan benar.