STT POMOSDA
  • Minggu, 14 Agustus 2022
  • 14 Al Husain 10 MHD
  • Berita
  • Terima Kasih Pak Achmad Syaichu,ST.,MP yang telah sukses menyusun Buku Ajar untuk STT POMOSDA
Terima Kasih Pak Achmad Syaichu,ST.,MP yang telah sukses menyusun Buku Ajar untuk STT POMOSDA
  • Post :STT POMOSDA
  • Rabu, 13 Juli 2022
  • 15:03

Terima Kasih Pak Achmad Syaichu,ST.,MP yang telah sukses menyusun Buku Ajar untuk STT POMOSDA

STT POMOSDA Post, Publikasi ilmiah berperan penting dan menjadi salah satu indikator kemajuan sebuah Perguruan tinggi. Untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah, perguruan tinggi mewajibkan para dosen  untuk mempublikasikan karya ilmiahnya. Ketua STT POMOSDA Bpk. Jarwo, ST.,MM mengatakan,  publikasi ilmiah dapat berupa jurnal nasional maupun internasional, prosiding, buku referensi, atau buku ajar. Terkait dengan publikasi ilmiah ini juga diatur berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No: 36/D/O/2001, Pasal 5, ayat 9 (a); Buku ajar adalah buku pegangan untuk suatu mata kuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi kaidah buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan.

Kualitas mutu dosen dalam penulisan buku juga harus disesuaikan dengan zamannya. Mutu buku ajar tidak hanya diperuntukkan secara khusus buat mahasiswa, tetapi juga distandarkan secara internasional dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran saat ini yang memanfaatkan hasil revolusi industri 4.0 blended, full online yang berbasis resources sharing,” Kata Pak jarwo dalam pernyataannya. Untuk menghasilkan buku ajar yang berkualitas, maka buku ajar harus disusun secara sistematis, menarik, aspek keterbacaan tinggi, mudah dicerna, dan mematuhi aturan penulisan yang berlaku. Dalam proses pembelajaran, peranan buku ajar sangat penting baik bagi dosen maupun mahasiswa. Melalui buku ajar maka upaya capaian pembelajaran bisa terkendali dan interaksi mahasiswa dan dosen menjadi lebih aktif,” ujarnya. Ia mengatakan, buku ajar merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pendidikan. Melalui buku ajar, dosen akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran untuk mahasiswa. Buku ajar  dapat dibuat dalam berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik materi yang disajikan. Tujuan pembuatan buku ajar untuk meningkatkan motivasi bagi dosen dan meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi,” katanya.

STT POMOSDA juga memberikan apresiasi kepada Dosen yang telah sukses menyusun buku ajar. Apresiasi tersebut diberikan kepada Bapak Achmad Syaichu,ST.,MP yang sukses menulis Buku Ajar dengan Judul “ Sistem Pengembangan Produk”. Buku ajar tersebut telah terlisensi dan dapat diedarkan ke masyarakat pada umumnya dan khususnya kepada mahasiswa untuk menguatkan literasi dan pengetahuan sebagai salah satu media problem solving dalam menjalani proses pembelajaran. Bapak Syaichu dalam proses penyusunan buku ajar melibatkan tim dosen dari dalam perguruan tinggi dan dosen luar diantaranya Bapak Imsin, SE.,MP sebagai Dosen UNIPDU Jombang, Bapak Eko Budi Santoso, ST.,MM.,MT sebagai Dosen ITN Malang, dan Bapak Agustin Sukarsono, ST.,M.Agr dari STT POMOSDA.

Harapan dari lembaga dan Bapak Syaichu buku ajar ini dapat dipergunakan mahasiswa dengan sebaik-baiknya dan dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk berproses dalam menjalani proses pembelajaran hingga kehidupan bermasyarakat.