STT POMOSDA
  • Sabtu, 20 April 2024
  • 20 Al Ahmadiya 11 MHD
  • Berita
  • Upgrade SKILL Mahasiswa : STT POMOSDA gelar Visit Plant ke PT. Tirta Cahaya Mulia dan PT. FOONG-SO Trading dan Management Malang Jawa Timur
Upgrade SKILL Mahasiswa : STT POMOSDA gelar Visit Plant  ke PT. Tirta Cahaya Mulia dan PT. FOONG-SO Trading dan Management Malang Jawa Timur
  • Post :STT POMOSDA
  • Sabtu, 17 Pebruari 2024
  • 11:11

Upgrade SKILL Mahasiswa : STT POMOSDA gelar Visit Plant ke PT. Tirta Cahaya Mulia dan PT. FOONG-SO Trading dan Management Malang Jawa Timur

Senin, 5 Februari 2024, seluruh mahasiswa STT Pomosda didampingi para dosen dan ketua STT POMOSDA Bapak Sujarwo, S.T.,M.M. mengadakan kegiatan Visit Plant ke PT. Tirta Cahaya Mulia dan PT. FOONG-SO Trading dan Management. Kegiatan ini bertujuan menstimulus peningkatan skill dan kompetensi mahasiswa khususnya berkaitan dengan proses produksi, manufacture, sistem  pergudangan  serta sistem informasi manajemen yang diterapkan di perusahaan tersebut. Hal ini sinergi dengan Program Studi yang dikembangkan di STT POMOSDA yaitu Teknik Informatika dan Teknik Industri. Harapannya mahasiswa mampu menyerap seluruh materi baik yang bersifat wawasan pengetahuan maupun kontekstual yang mampu memicu dan mendorong mahasiswa untuk tumbuh, meningkat dan berkembang sesuai dengan skill keahliannya khususnya di Program Studi yang ditempuh.
PT. Tirta Cahaya Mulia dengan Produk Unggulannya adalah Kopi Kapiten merupakan salah satu industry milik Pondok Pesantren terbesar dimalang yaitu Pondok Pesantren An-Nur 2 yang di Pimpin oleh KH. Khaerudin yang juga salah satu Pondok Pesantren yang aktif di OPOP (One Product One Pesantren). Menurut Beliau bahwa Pabrik Kopi Kapiten ini merupakan salah unit usaha pondok pesantren yang menjadi salah satu produk unggulan. Kurang lebih baru satu tehun berdiri pabrik kopi kapiten sudah mempunyai omset kurang lebih 20 Milyar. Hal ini disebabkan karena pasar yang dipilih adalah pasar luar negeri yang menjanjikan profit tinggi karena sudah ekspor ke 4(empat) negara antara lain  Afrika, Australia, Singapura dan Malaysia. 
Kurang lebih sekitar 53 mahasiswa STT POMOSDA melakukan visit plant sebagai bagian dari proses pembelajaran di luar kampus. Dengan adanya kegiatan mampu memberikan motivasi bagi mahasiswa bahwa untuk berhasil dan sukses menjalani proses kehidupan didunia pasti membutuhkan perjuangan yang sungguh-sungguh seperti yang dilakukan oleh  Pabrik Kopi Kapiten. Pada pukul 11.00 mahasiswa STT POMOSDA sudah sampai di Pabrik Kopi Kapiten dan diterima oleh pengurus Ponpes An-Nur 2 ustadz fahmi. Setelah seluruh mahasiswa dipersilahkan masuk ke ruang pertemuan acara pertama pun dimulai dengan pemberian paparan singkat tentang kemajuan usaha Produk Kopi Kapiten oleh Bapak Didik sebagai Manajer Pabrik Kopi Kapiten. Dalam sesi ini mahasiswa sangat antusias untuk bertanya mulai dari kapan berdirinya kopi kepiten sampai mampu menembus pasar luar negeri. Agenda selanjutnya melakukan field trip untuk melihat proses produksi dan manufacture produk kopi kapiten yang dimulai dari proses mixing bahan-bahan yang dibutuhkan kemudian pengisian ke botol menggunakan teknologi robot dan dilanjutkan penutupan botol secara automatis dengan teknologi robot hidrolik hingga sampai pada proses labeling dan pengemasan yang secara keseluruhan dilaksanakan dengan tahapan yang sistematis dengan bantuan mesin industry yang handal. Seluruh proses mulai dari awal hingga pengemasan membutuhkan kurang lebih 5-10 menit untuk sekali produksi dengan kapasitas 20 botol produk kopi kapiten. Menurut Bapak didik menjelaskan bahwa “ …untuk mempertahakan kualitas produk kopi kapiten dilakukan Quality Control yang ketat dari proses awal hingga pengemasan….”. 
Setelah kurang lebih 2 jam mahasiswa STT POMOSDA melakukan field trip perjalanan dilanjutkan menuju ke PT. FOONG-SO Trading dan Management. Namun karena waktu sudah menunjukkan jam 13.00 maka mahasiswa melakukan istirahat makan siang dan melaksanakan sholat dhuhur sambil menghilangkan lelah di area Taman Botani Purwodadi. Kemudian selang 15-20 menit perjalanan di lanjutkan ke PT. FOONG-SO Trading dan Management yang terletak di Lawang Kabupaten Malang. Perjalanan ditempuh kurang lebih 1,5 jam. Setelah sampai di FOONG-SO diterima oleh owner yaitu Mr. Jo yang merupakan putra dari Mr. Lien yang kebetulan Mr. Lien saat itu berada di Taiwan. Di PT. FOONG-SO mahasiswa dikenalkan dengan system manajemen industry, system inventory dan teknologi yang dimiliki oleh perusahaan. perlu diketahui bahwa jenis produk yang dikelola oleh FOONG-SO adalah Kubis, yang mana produk kubis tersebut di kelola sedemikian rupa untuk di ekspor ke Taiwan. 
Salah satu peserta, Nova Lutfia Kholifatussalama, mengungkapkan rasa kagumnya terhadap kegiatan ini. "Saya belajar banyak proses produksi kopi Kapiten dan kubis. Saya juga belajar pentingnya menjaga kualitas produk agar dapat dipasarkan ke luar negeri. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang industri." Lutfi juga berpesan kepada para mahasiswa lain untuk selalu belajar dan mengembangkan diri. "Penting bagi kita untuk mengolah potensi diri dan mau untuk selalu belajar. Dengan begitu, kita dapat menjadi generasi yang unggul dan mampu bersaing di dunia global."
Kegiatan Visit Plant STT Pomosda ke Malang ini menjadi bukti nyata komitmen institusi untuk membekali para mahasiswanya dengan pengetahuan dan pengalaman yang relevan dengan dunia industri. Sebuah langkah maju yang mengantarkan para mahasiswa menuju masa depan yang gemilang.